SOREANG, (PR).-
Sejumlah bakal calon (balon) Bupati dan Wabup Bandung menggunakan internet untuk berkampanye. Selain menyosialisasikan visi dan misi, fasilitas Facebook juga dipakai juga untuk menerima pengaduan dari masyarakat.
Berdasarkan pengamatan "PR", balon bupati dari perseorangan H. Tatang Rustandar Wiraatmaja sudah membuat grup Facebook sejak Februari lalu. Tatang hanya tampil seorang diri, karena saat itu balon wabupnya belum jelas.
Demikian pula dengan pasangan cabup/cawabup dari PKS dan PBB yang sejak Kamis (20/5), mulai gencar menyebarkan FB ke pengguna internet. Intinya sama, mengajak bergabung dalam grup pasangan Ridho Budiman Utama-Dadang Rusdiana.
Sementara cabup dari PDIP, H. Yadi Srimulyadi, juga memiliki akun Facebook tersendiri. Namun, tim Yadi tidak terlalu aktif sehingga Facebook-nya kurang dioptimalkan.
Menurut Sekretaris DPD PKS Kab. Bandung Gun Gun Gunawan, kampanye melalui Facebook bisa efektif kepada golongan yang biasa memanfaatkannya. "Saat ini, pemakaian internet di Kabupaten Bandung cukup tinggi, terutama kalangan muda dan pemilih pemula. Dengan memakai Facebook akan lebih mendekatkan cabup/cawabup meskipun di dunia maya," katanya, Sabtu (22/5).
Sementara pengamat politik Kab. Bandung, H.M. Ikhsan mengatakan, penggunaan internet sekitar 10-15 persen dari jumlah penduduk. "Kalau jumlah penduduk Kabupaten Bandung sekitar tiga juta jiwa, maka pengguna internet antara 300.000 sampai sampai 400.000 orang dan sebagian besar kalangan muda," katanya.
Survei PDIP
Meskipun disebut-sebut PDIP Kab. Bandung akan mengusung pasangan H. Yadi Srimulyadi - H. Rusna Kosasih, sebagai cabup/cawabup, tetapi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP sejak Senin (17/5) mengadakan survei elektabilitas bakal calon wabup.
"Saya tidak memungkiri, Pak Rusna termasuk orang yang disurvei DPP PDIP untuk dilihat elektabilitasnya di masyarakat," kata Sekretaris DPC PDIP Kab. Bandung, Eddy Hidayat. (A-71)***
Penulis:
Sejumlah bakal calon (balon) Bupati dan Wabup Bandung menggunakan internet untuk berkampanye. Selain menyosialisasikan visi dan misi, fasilitas Facebook juga dipakai juga untuk menerima pengaduan dari masyarakat.
Berdasarkan pengamatan "PR", balon bupati dari perseorangan H. Tatang Rustandar Wiraatmaja sudah membuat grup Facebook sejak Februari lalu. Tatang hanya tampil seorang diri, karena saat itu balon wabupnya belum jelas.
Demikian pula dengan pasangan cabup/cawabup dari PKS dan PBB yang sejak Kamis (20/5), mulai gencar menyebarkan FB ke pengguna internet. Intinya sama, mengajak bergabung dalam grup pasangan Ridho Budiman Utama-Dadang Rusdiana.
Sementara cabup dari PDIP, H. Yadi Srimulyadi, juga memiliki akun Facebook tersendiri. Namun, tim Yadi tidak terlalu aktif sehingga Facebook-nya kurang dioptimalkan.
Menurut Sekretaris DPD PKS Kab. Bandung Gun Gun Gunawan, kampanye melalui Facebook bisa efektif kepada golongan yang biasa memanfaatkannya. "Saat ini, pemakaian internet di Kabupaten Bandung cukup tinggi, terutama kalangan muda dan pemilih pemula. Dengan memakai Facebook akan lebih mendekatkan cabup/cawabup meskipun di dunia maya," katanya, Sabtu (22/5).
Sementara pengamat politik Kab. Bandung, H.M. Ikhsan mengatakan, penggunaan internet sekitar 10-15 persen dari jumlah penduduk. "Kalau jumlah penduduk Kabupaten Bandung sekitar tiga juta jiwa, maka pengguna internet antara 300.000 sampai sampai 400.000 orang dan sebagian besar kalangan muda," katanya.
Survei PDIP
Meskipun disebut-sebut PDIP Kab. Bandung akan mengusung pasangan H. Yadi Srimulyadi - H. Rusna Kosasih, sebagai cabup/cawabup, tetapi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP sejak Senin (17/5) mengadakan survei elektabilitas bakal calon wabup.
"Saya tidak memungkiri, Pak Rusna termasuk orang yang disurvei DPP PDIP untuk dilihat elektabilitasnya di masyarakat," kata Sekretaris DPC PDIP Kab. Bandung, Eddy Hidayat. (A-71)***
0 komentar:
Posting Komentar