Pelaksanaan Perekaman Data e-KTP dari 2 April 2012 sampai dengan 24 April 2012 sebanyak 4.029 Wajib KTP atau 5,25% // Alokasi Dana Perimbangan Desa (ADPD) untuk Wilayah Kerja Kecamatan Soreang Tahun Anggaran 2012 jumlahnya mencapai Rp. 2.150.092.000 (pembulatan), ada kenaikan +/- 100% dari ADPD Tahun Anggaran 2011 // Jadwal Perekaman Data e-KTP hanya dari mulai hari Senin sampai dengan hari Sabtu

Rabu, 02 Juni 2010

KEBAKARAN DI DESA PANYIRAPAN

Musibah kebakaran yang terjadi di Desa Panyirapan Kecamatan Soreang kabupaten Bandung pada hari selasa 1 juni 2010 dengan korban material 5 Rumah semi permanen memerlukan penanganan yang serius dari berbagai kalangan dan jangan hanya berpangku tangan pada pemerintah belaka.

Selepas kejadian kebakaran Camat Soreang bersama TP-PKK Kecamatan Soreang langsung mengadakan peninjauan lapangan dan sekaligus melakukan identifikasi korban oleh Kasi trantib Kecamatan bersama para anggotanya, dan telah di dapatkan data para pemilik rumah serta kondisi kesehatan para pemilik rumah dalam kondisi sehat terkecuali ada salah satu anggota keluarga mereka yang sudah sakit sedari awal.

Camat soreang dalam kunjungan tersebut masih dalam konteks memberikan motivasi kepada para korban agar tidak terlalu larut dalam musibah yang sedang di alaminya serta berjanji akan memfasilitasi serta menyampaikan laporannya kepada SKPD terkait di tingkat Kabupaten Bandung, dengan harapan mudah-mudahan bantuan untuk kebakaran dari Pemda Kabupaten dapat cair dalam waktu yang relatif singkat. Disamping itu pula Camat soreang telah memerintahkan kepada Kepala Desa setempat agar membuat laporan tertulis sebagai data pendukung dan membuat tindakan-tindakan pengamanan personil yang terkena musibah secara swadaya gotongroyong bersama warga masyarakat setempat sambil menunggu proses bantuan pemerintah daerah dapat di salurkan.

Pemantauan Lebih lanjut Pasca Kebakaran :

Pemantauan pasca kebakaran dilaksanakan oleh Sekretaris Kecamatan ,Hendrawan yang mencoba memantau ke lapangan dan berkomunikasi dengan beberapa personil amatir radio, anggota RAPI dan PMI kabupaten Bandung sehingga di peroleh data-data permasalahan yang berkembang di lapangan, antara lain :

1. Korban kebakaran memerlukan tenda2 darurat di karenakan menumpang di tetangga akan memakan waktu yg cukup lama.
2. Ketersediaan bahan pakaian dan makanan sangatlah minim
3. Kemampuan membangun rumahnya kembali sangat kecil

Dari beberapa permasalahan tersebut di atas telah di respond positif oleh PMI Kabupaten Bandung dan ORARI LOKAL Bandung Selatan serta RAPI Lokal 3 wilayah Soreang dan sekitarnya. Tindak lanjut dari mereka alhamdulilah dapat di sediakan 5 Tenda Family dari PMI Kabupaten Bandung dan 5 paket Pakaian layak pakai serta makanan yang terbatas yang di perkirakan dapat memenuhi kebutuhan makanan 3 sd 6 Hari yang selebihnya dari itu di perlukan upaya lain melalui usaha yang syah dan tidak mengikat.

Beberapa pertanyaan muncul di lapangan antara lain :

1. kapan bantuan Pemda dapat di realisasikan..?
2. berapakah besaran yg dapat di terima krn kemampuan bangun kembali tempat tinggal minim
3.Bila bantuan Pemda merupakan bantuan yg bersifat stimulus maka masih di perlukan bantuan tambahan..?
4. Peranan Pemerintah desa dan kecamatan sangat di nantikan sekali oleh para korban musibah kebakaran ini.
5. Mohon perlindungan kepada pemerintah setempat agar tenda2 yg didirikan saat ini dapat di atur keberadaannya sehingga tidak mengganggu kegiatan lapangan Bola yang di pandang mereka para pemain bola di lokasi tenda saat ini selalu bersikap kasar apabila lapangannya terganggu.

Menanggapi permasalahan yang berkembang dilapangan sudah saatnya pemerintah Kecamatan soreang mengadakan rapat singkat terbatas dengan Kepala Desa serta Unsur terkait lainnya agar permasalahan ini dapat di tuntaskan dalam waktu yg relatif singkat.

0 komentar:

Posting Komentar