Pelaksanaan Perekaman Data e-KTP dari 2 April 2012 sampai dengan 24 April 2012 sebanyak 4.029 Wajib KTP atau 5,25% // Alokasi Dana Perimbangan Desa (ADPD) untuk Wilayah Kerja Kecamatan Soreang Tahun Anggaran 2012 jumlahnya mencapai Rp. 2.150.092.000 (pembulatan), ada kenaikan +/- 100% dari ADPD Tahun Anggaran 2011 // Jadwal Perekaman Data e-KTP hanya dari mulai hari Senin sampai dengan hari Sabtu

Kamis, 17 Juni 2010

Warga Tunggu Realisasi "Desa Peradaban"

SOREANG, (PR).-

Program "Desa Membangun Menuju Desa Peradaban di Jawa Barat" diharapkan segera direalisasikan. Lima desa di Kab. Bandung yang ditetapkan sebagai penerima bantuan program tersebut sudah menyelesaikan tahap pengajuan proposal.

"Sekarang mereka menunggu kepastian pengucuran dananya karena seluruh persyaratan sudah dipenuhi," kata Kabid Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kab. Bandung Ningning Hendasah, Rabu (16/6).

Seperti diberitakan "PR", di Kab. Bandung ada lima desa yang mendapat dana Rp 1 miliar per desa dari program Desa Peradaban yang digulirkan Pemprov Jabar. Kelima desa itu adalah Desa Sumbersari Kec. Ciparay, Desa Rahayu Kec. Margaasih, Desa Cipinang Kec. Cimaung, Desa Nagrog Kec. Cicalengka, dan Desa Pangalengan Kec. Pangalengan.

"Pelaksanaannya bersifat bottom-up dan dikelola masyarakat. Pemerintah hanya memfasilitasi dan melakukan pengawasan bersama masyarakat," kata Ningning.

Dana sebesar Rp 1 miliar akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan penguatan ekonomi badan usaha milik desa (bumdes). "Rencananya, dana itu akan dikucurkan dalam tiga tahap, yaitu masing-masing 40 persen di tahap pertama dan kedua, serta 20 persen di tahap ketiga," katanya.

Dia tidak menyangkal bantuan untuk kelima desa itu membuat iri desa lain. "Namun setelah dijelaskan, salah satu kriteria yang harus dipenuhi adalah pernah memenangi lomba desa, kecemburuan itu bisa diminimalkan," ucapnya. (A-175)***
Penulis:

0 komentar:

Posting Komentar